Posted by : Unknown Wednesday, June 12, 2013


          
Gejala Problem Sosial, Akibat Salah di Rencana
Kegagalan system pendidikan selama ini disinyalir karena gagalnya rencana awal. Rencana yang tidak memperhitungkan aspek sosial, ekonomi, demogafi, adat istiadat dan aspek lain dalam masyarakat adalah kesalahan fatal dalam merumuskan konsep pendidikan.
Akibatnya, muncul problem baru akibatnya kurang mapannya system pendidikan. Problem-problem yang belum bisa diselesaikan hingga dewasa ini adalah :
1.      Kemiskinan
Kemiskinan tidak hanya terjadi di daerah-daerah pelosok saja, tetapi juga didaerah perkotaan yang katanya menjanjikan kesejahteraan. Hal tersebut terjadi karena banyak factor, sedang factor yang perlu mendapat stabelo besar adalah system pendidikan yang belum mampu menjadikan manusia seutuhnya.
2.      Pendidikan
Indonesia adalah Negara yang tingkat pendidikannya rendah didunia. Bahkan dilingkup  asia tenggar, Indonesia masih harus berlari kencang untuk mengejar Malaysya dan Singapura.
Banyak diantara generasi muda bangsa, yang harusnya mengenyam pendidikan yang layak, dalam realitanya banyak diantara mereka yang harus berjuang dalam kerasnya kerasnya kehidupan jalanan. Sekali lagi, semua itu adalah kurangnya perhatian pemerintah terhadap pendidikan di negri ini.
3.      Kejahatan
Indonesia tergolong Negara yang mempunyai tingkat kriminaliast tinggi, apalagi dalam kota-kota besar. Berbagai motif kejahatan berkembang tiap harinya sebagai dampak dari buruknya system hokum Negara.
Factor ekonomi sering menjadi kambing hitam terhadap kejahatan yang timbul selama ini. Dalam kenyataannya, justeru orang-orang berdasi dengan rentetan title dibelakangnya measuk daftar utama dalam kasus-kasus besar. Pada kasus ini, tak ada yang disalahkan kecuali dilimpahkan kepada dunia pendidikan. Pendidikan yang masih menekankan pada aspek kognitif saja menjadi sebab mengapa justeru kaum terdidiklah yang mengundang banyak bermasalah.
4.      Pengangguran
Pengangguran adalah masalah kronis yang belum mampu diatasi oleh bangsa Indonesia saat ini. Jumlah penduduk yang semakin meningkat tidak diimbangi dengan lapangan kerja yang kurang memadai berakibat dengan naiknya angka pengangguran. Pengangguran merupakan masalah serius yang ujungnya akan berakibat terhadap meningkatnya angka kriminalitas terutama di kota-kota besar.
5.      Keadilan
                Keadilan adalah kondisi kebenaran ideal yang secara moral mengenai suatu hal, baik menyangkut benda maupun orang. Persoalan keadilan adalah perkara khusus yang sampai sekarang belum menemukan titik terangnya. Buruknya tatanan hokum Negara berakibat langsung terhadap sulitnya warga Negara dalam mencari keadilan. Lagi lagi dunia pendidikan yang harus bertanggung jawab terhadap semua itu.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Powered by Blogger.

Copyright © ARTIKEL UNTUKMU-ARTIKEL UNTUKMU- Powered by Blogger