Posted by : Unknown Monday, June 17, 2013


A.   Pengertian Proses Pendidikan

  1. Unsur-unsur Pendidikan
a)      Tujuan Pendidikan
Tujuan pendidikan berfungsi sebagai pemberi arah bagi semua kegiatan dalam proses pendidikan.
b)      Pendidik
Pendidik berfungsi membantu merumuskan tujuan pendidikan, menciptakan situasi dan kondisi lingkungan yang kondusif bagi peserta didik untuk belajar, memfasilitasi peserta didik untuk mendapatkan materi pendidikan, serta menyelenggarakan proses pendidikan.
c)      Peserta Didik
Peserta didik berfungsi untuk mendidik diri atau belajar.
d)     Isi atau Materi Pendidikan
Isi atau materi pendidikan berfungsi sebagai apa yang harus dipelajari peserta didik.
e)      Metode dan Alat
Metode dan alat berfungsi sebagai cara untuk memperlancar proses pendidikan.
f)       Lingkungan
Lingkungan berfungsi sebagai tempat berlangsungnya proses pendidikan.

  1. Proses Pendidikan
Proses pendidikan merupakan interaksi antarberbagai unsur pendidkan dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. Proses pendidikan ini merupakan kegiatan social atau pergaulan antara pendidik dengan peserta didik dengan menggunakan isi atau meteri pendidikan, metode, dan alat pendidikan tertentu yang berlangsung dalam suatu lingkungan untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.

  1. Proses Pendidikan bukan Proses Pembentukan Seseorang
Proses pendidikan berlangsung dalam suatu kegiatan social atau pergaulan antara pendidik dengan peserta didik. Dalam kegiatan social , baik pendidik maupun peserta didik yang terlibat dalam pendidikan pada hakikatnya adalah pribadi (subjek). Sebagai pribadi, setiap peserta didik tentu memiliki bakatnya masing-masing, ingin menjadi dirinya sendiri atas dasar pilihannya sendiri.
Berdasarkan itu, dalam proses pendidikan pendidik tidak boleh sembarangan memperlakukan peserta didik. Pendidik tidak boleh memandang dan memperlakukan sebagai objek seolah-olah dapat dibentuk sesuka hatinya. Atas dasar kekuasaanya, memang orang dewasa (pendidik) dapat saja sekehendak hatinya menentukan tujuan tertentu bagi siswa (peserta didik), dan dengan metode tertentu seorang pendidik dapat pula memaksa peserta didik untuk mencapai tujuan tersebut. Akan tetapi, tujuan itu tidak sesuai dengan kodrat alam peserta didik, dan pencapaian tujuan itu tidak terjadi atas dasar ketulusan hati peserta didik, melainkan atas dasar keterpaksaan atau ketakutan, maka pencapaian tujuannya adalah semu belaka. [raktek-praktek seperti itu tentu saja tidak dapat dipandang sebagai pendidikan, melainkan pembentukan. Proses pendidikan bukanlah pembentukan seseorang.

Pendidikan bersifat normative karenanya tujuan, isi, cara dan alat pendidikan yang digunakan pendidik semuanya harus diarahkan untuk membimbing anak kearah kedewasaan. Selain itu, dalam pergaulan pendidikan, pendidik harus pula memperhatikan dan mempertimbangkan aspek pribadi anak didik. Apakah karakteristik anak didik berkenaan dengan keanakannya, minat, bakat, kemampuan. Selain itu pendidik juga harus sadar bahwa anak pada dasarnya memiliki kebebasan dan keinginan untuk menjadi dirinya sendiri. Pergaulan pendidikan yang tujuan, isi, metode, dan alat pendidikannya tidak sesuai dengan kodrat, martabat dan nilai-nilai kemanusiaan tidak dapat disebut sebagai pendidikan.

{ 12 komentar... read them below or Comment }

  1. Terimakasih atas penjelasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat membantu terimakasih atas materinya

      Delete
  2. Trimakasih, sangat membantu saya dalam memahami materi yang diberikan tutor

    ReplyDelete
  3. terimaksih sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  4. Terimakasih penjelasannya 🙏 sangat membantu bermanfaat dan menambah ilmu

    ReplyDelete
  5. Terimakasih sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  6. Terima kasih banyak, materi yang sangat luar biasa. Sehingga saya bisa memahami dengan baik.

    ReplyDelete
  7. Terima kasih ini materi yang sangat bagus sekali ,sehingga saya bisa mempelajari dan Memahami dengan baik .

    ReplyDelete

Popular Post

Powered by Blogger.

Copyright © ARTIKEL UNTUKMU-ARTIKEL UNTUKMU- Powered by Blogger