Posted by : franki johan Monday, June 17, 2013


Limbah yaitu kotoran yang dihasilkan karena pembuangan sampah atau zat kimia dari pabrik-pabrik. Limbah atau sampah juga merupakan suatu bahan yang tidak berarti dan tidak berharga, tapi kita tidak mengetahui bahwa limbah juga bisa menjadi sesuatu yang berguna dan bermanfaat jika diproses secara baik dan benar. Limbah atau sampah juga bisa berarti sesuatu yang tidak berguna dan dibuang oleh kebanyakan orang, mereka menganggapnya sebagai sesuatu yang tidak berguna dan jika dibiarkan terlalu lama maka akan menyebabkan penyakit padahal dengan pengolahan sampah secara benar maka bisa menjadikan sampah ini menjadi benda ekonomis.



Polusi adalah sejenis gas yang dapat membahayakan yang berasal atau dihasilkan oleh asap-asap baik dari asap kendaraan bermotor maupun asap-asap sisa pembakaran dari pabrik-pabrik tertentu. Jarang sekali kita temui keadaan dijalan yang bersih tanpa adanya polusi dari asap kendaraan bermotor. Polusi juga dapat menimbulkan penyakit, karena didalam polusi itu terkandung virus-virus penyakit yang dapat membahayakan kesehatan kita. Banyak warga yang mengeluh akibat adanya polusi, sampai sekarangpun belum ada cara yang ampuh untuk menangani polusi, karena semakin hari semakin banyak orang yang mengendarai kendaraan berotor sehingga makbanyak pula asap-asap yang dihasilkan dan hal itu akan menyebabkan polusi udara.

Limbah rumah tangga adalah limbah yang dihasilkan oleh kegiatan rumah tangga limbah ini bisa berupa sisa-sisa sayuran seperti wortel, kol, bayam, slada dan lain-lain bisa juga berupa kertas, kardus atau karton. Limbah ini juga memiliki daya racun tinggi jika berasal dari sisa obat dan aki.

2.2 Dampak negatif dari limbah yang tidak diolah
Dari sekian banyak aktifitas manusia ternyata yang paling berbahaya adalah limbah rumah tangga. Banyaknya penduduk indonesia dengan limbah rumah tangga yang tidak diolah serta dihasilkan setiap hari, dapat mengakibatkan kerusakan karena limbah rumah tangga jauh lebih besar dari pada limbah industri.
Limbah rumah tangga yang sangat berbahaya bagi lingkungan antara lain limbah bahan kimia, emisi gas CO2 dan sampah plastik. Limbah plastik merupakan salah satu musuh terbesar yang banyak diperangi oleh berbagai pihak yang perduli terhadap lingkungan.
Berikut adalah dampak negatif dari limbah rumah tangga yang masuk ke dalam lingkungan:
  1. Eutrofikasi, disebabkan limbah bahan kimia yang terbuang kedalam lingkungan perairan. Eutrofikasi adalah perairan menjadi sangat subur sehingga ledakan jumlah alga dan fitoplankton yang saling berebut mendapat cahaya untuk fotosintesis. Terlalu banyaknya alga dan fitoplankton yang saling berkompetisi dalam mengkonsumsi O2 akan menyebabkan kematian alga dan fitoplankton secara massal. Sisa respirasi yang menghasilkan banyak CO2 membuat kondisi perairan menjadi anoxic dan menyebabkan kematian massal pada hewan-hewan di perairan tersebut.
  2. Peningkatan emisi CO2 akibat dari banyaknya kendaraan, penggunaan listrik berlebihan, dan pembuangan industri akan memberi efek kadar keasaman laut. Peningkatan CO2 tentu akan berakibat buruk pada manusia terkait dengan kesehatan pernafasan.
  3. Plastik, plastik adalah masalah terbesar dan paling berbahaya. Plastik terakumulasi karena mereka tidak mudah terurai, mereka akan photodegrade (terurai oleh cahaya matahari) pada paparan sinar matahari, tetapi hanya dapat terjadi pada kondisi kering. Sedang dalam air plastik hanya akan terpecah menjadi potongan yang lebih kecil namun tetap polimer, bahkan sampai ketingkat molekuler. Bahan beracun yang digunakan dalam pembuatan plastik dapat terurai dan masuk ke lingkungan ketika terkena air. Racun ini dapat membahayakan kehidupan laut karena racun ini bersifat hidrofobik (berikatan dengan air) dan menyebar di permukaan laut.

Upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi pengaruh limbah rumah tangga bagi lingkungan antra lain: menggunakan produk-produk ramah lingkungan dan mengurangi sampah plastik dengan 3R/3M yaitu: Reduce (Mengurangi), Reuse (Menggunakan kembali), Recycle(Mendaur ulang).

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. salah produk yang sangat ramah lingkungan saat ini, setahu saya sepeti Tupperware itu sangat mendukung untuk mengurangi limbah rumah tangga seperti tas plastik dll.

    ReplyDelete

Popular Post

Powered by Blogger.

Copyright © ARTIKEL UNTUKMU-ARTIKEL UNTUKMU- Powered by Blogger